khutbah jum'at



Nama                           : Dina Suci Wahyuningtyas
NPM                           : 16.0401.0061
Mata Kuliah                : Al Islam dan Kemuhammadiyahan
Dosen pengampu        : Agus Miswanto M.A
Ø    Khutbah  I
إِنَ الْحَمْدَ للهِ نَحْمَدُهُ وَ نَسْتَعِيْنُهُ وَ نَسْتَغْفِرُهُ وَ نَعُوْذُ بِاللَهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَ مِنْ سَيِئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَ لَهُ وَ مَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ وَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَ َأَشْهَدُ أَنَ مُحَمَدًا غَبْدُهُ وَ رَسُوْلُهُ. اللَهُمَ سَلَّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَ مَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ ِلَى يَوْمِ الدِّيْن
 وَأَوْحَى رَبُّكَ إِلَى النَّحْلِ أَنِ اتَّخِذِي مِنَ الْجِبَالِ بُيُوتًا وَمِنَ الشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُونَ


Hadirin Jama’ah yang dimuliakan Allah
Di dalam Al Quran ada 3 binatang kecil yang diabadika oleh Allah menjadi nama surah yaitu An-Naml (semut), Al-‘Ankabut (laba laba), dan An-Nahl(lebah). Ketiga binatang tersebut memiliki karakter dan sifat sebagaimana digambarkan dalam Al Quran, dan hal ini patut dijadikan pelajaran oleh manusia.
Semut memiliki sifat suka menghimpun makanan sedikit demi sedikit tanpa henti bahkan hingga bertahun tahun, padahal usianya tidak lebih dari 1 tahun. Dan usahanya dalam memikul sesuatu yang lebih besar dari badannya, meskipun sesuatu itu tidak ada gunanya bagi dirinya.
Lain halnya dengan laba laba, seperti yang digambarkan dalam Al Quran bahwa sarang laba laba adalah tempat yang paling rapuh, seperti dalam surat Al ‘ankabut ayat 41 yang artinya : “Perumpamaan orang orang yang mengambil pelindung selain Allah adalah seperti laba laba yang membuat rumah. Dan sesungguhnya rumah yang paling lemah adalah rumah laba laba, sekiranya mereka mengetahui”.

Dari arti Ayat diatas menggambarkan bahwa di dalam masyarakat dan rumah tangga yang keadaannya seperti laba laba, rapuh, anggota yang saling tindih menindih sikut menyikut seperti anak laba laba yang baru lahir. Kehidupan ayah dan ibu serta anak anak tidak harmonis, anatar pimpinan dan bawahan saling curiga.

Jama’ah yang dimuliakan Allah
Lain pula dengan lebah, dia memiliki insting yang sangat tinggi,dalam Al Quran digambarkan sebagaimana dalam firmannya :
(68)وَأَوْحَى رَبُّكَ إِلَى النَّحْلِ أَنِ اتَّخِذِي مِنَ الْجِبَالِ بُيُوتًا وَمِنَ الشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُونَ
Artinya : Dan Tuhanmu mewahyukan kepaada lebah : “Buatlah sarang sarang di bukit bukit, di pohon pohon kayu, dan di tempat yang dibikin manusia”. Kemudian makanlah dari tiap tiap (macam) buah buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang orang yang memikirkan.

Sarangnya dibentuk segi enam bukannya lima atau empat, agar tidak terjadi pemborosan di lokasi. Yang dimakannya adalah kembang kembang dan tidak seperti semut yang menumpuk numpuk makanannya, lebah mengolah makanannya dan hasil olahan nya itu ada manfaatnya bagi yang lainnya, yaitu bisa jadi lilin sebagai penerang dan madu yang bisa dijadikan obat.
Oleh karena itu, wajar jika Nabi mengibaratkan orang mukmin yang baik seperti lebah, sebagaimana dalam sabdanya :
قال رسول الله صم : مثل المؤمن مثل النحلة لا تأكل إلا طيبا ولا تضع إلا طيبا وإن وقعت فى شئ تكسر لا


Rasulullah bersabda : Perumpamaan seorang mukmin adalah seperti lebah. Ia tidak makan kecuali baik, tidak menghasilkan kecuali yang baik, dan bila berada pada suatu tempat tidak merusak”.

Begitulah gambaran gambaran manusi di muka bumi ini dengan 3 perumpamaan hewan tersebut, oleh karenanya mari kita renungkan dan mencontoh sifat sifat yang dimiliki oleh lebah, dan tidak mencontoh semut dan laba laba, sehingga kita dapat mendapatkan nikmatnya kehidupan di dunia ini, lebih lebih nikmatnya kehidupan yang abadi di akhirat nanti yaitu di surga. Aamiin…..  
بَارَكَ اللَّهُ لِى وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ ، وَ نَفَعَنِيْ وَ إِيَّاكُمْ بشمَا فِيْهِ مِنْ الأَيَاتِ وَ الذّكْرِ الْحَكِيْمِ
أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَ أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيْمِ لِيْ  وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ .
فَاسْتَغْفِرُوْهُ ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ







Ø    Khutbah II
إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَ نَسْتَعِيْنُهُ وَ نَسْتَغْفِرُهُ وَ نَعُوْذُ بِاللَّهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَ مِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا ، مَنْ يَهْدِهِ اللّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَ مَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ . وَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلَّا اللّهُ وَحْدَهُ لَ شَرِيْكَ لَهُ وَ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسُوْلُهُ .أَمَّا بَعْدُ . إِنَّ اللّهَ مَلَائِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ ، يَاأَيُّهَا الَّذِيْنَ أَمَنُوْا صَلُّوْ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا . الَّلَهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ . وَ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ .
اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَ الْمُسْلِمَاتِ ، وَ الْمُؤْمِنيْنَ وَ الْمُؤْمِنَاتِ الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَ الأَمْوَاتِ ، إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعْوَاتِ . رَبَّنَا لاَ تُؤَاخِذِنَا إِنْ نَسِيْنَا أَوْ أَخْطَأْنَا ، رَبَّنَا وَلاَ تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا رَبَّنَا وَلاَ تُحَمِّلْنَا مَالَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلاَنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِيْنَ ، رَبَّنَا أَتِنَا فِيْ الدُّنْيَا حَسَنَةً وَ فِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَ قِنَا عَذَابَ النَّارِ . وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ .
عِبَادَ اللَّهِ ، إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُكُمْ بِالْعَدْلِ وَ الإِحْسَانِ وَ اِيْتَائِ ذِيْ الْقُرْبَى وَ يَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَ الْمُنْكَرِ وَ الْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ ، فَاذْكُرُ اللَّهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلَى نَعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَاسْأَلُوْهُ مِنْ فَضْلَهِ يُعْطِكُمْ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْيَرُ .



Komentar

Postingan populer dari blog ini

dakwah dengan media cetak

khutbatul hajjah